Rabu, 29 April 2009

Job Description Personalia BEM KEMABA Periode 2008-2009

JOB DESCRIPTION
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
KELUARGA MAHASISWA BAHASA ARAB (KEMABA)
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
PERIODE 2008-2009



A. Pendahuluan

Job Description ini dirumuskan sebagai landasan bagi setiap qismu dalam perancangan pembuatan program kerja yang proporsional sesuai dengan target pencapaian inti dari arah kebijakan Rais ‘Am KEMABA periode 2008-2009. Job Description ini merupakan penjabaran tugas dan wewenang masing-masing qismu yang ada di kepengurusan BEM KEMABA periode 2008-2009 yang diharapkan bisa menjadi acuan dan titik pemberangkatan masing-masing qismu dalam merealisasikan tujuan besar KEMABA pada periode ini. Harapan besar dari adanya penjabaran Job Description ini adalah terfokusnya program kerja yang dirumuskan oleh masing-masing qismu dan tidak adanya overlapping dari program yang dibuat dengan focus kerja qismu yang bersangkutan.


B. Penjabaran Job Description

Rais ‘Am

Dalam hal ini, Rais ‘Am menjadi penanggung jawab penuh atas amanat konstitusi KEMABA FPBS UPI serta menjadi pelaksana dari hasil keputusan Muktamar KEMABA FPBS UPI dan satu-satunya penentu kebijakan dalam persoalan-persoalan yang berhubungan dengan keorganisasian, khususnya menyangkut KEMABA.

Amin ‘Am

Disamping mendampingi Rais ’Am dalam melaksanakan tugas-tugas organisasi baik ke dalam maupun keluar, dan mewakilinya jika Rais ’Am berhalangan. Fokus garapan Amin ‘Am ini juga lebih dititik beratkan pada persoalan yang berkaitan dengan kerja-kerja kesekretariatan dan pemenuhan kebutuhan rumah tangga KEMABA yang dalam praktiknya dibantu langsung oleh Qismu Syu’unil Idarah serta melakukan pendampingan kepada semua qismu dengan melakukan perencanaan, pemetaan, penggerakkan dan pengawasan melalui koordinasi, komunikasi dan konsolidasi.

Muhasibah ’Ammah

Muhasibah ’Ammah lebih mengonsentrasikan fokus area kerjanya pada pengelolaan keuangan dan kekayaan organisasi secara kontinyu, baik dari segi budgeting, implementation, dan evaluation. Serta pencarian dana lain yang halal dan tidak mengikat sebagai salah satu cara menuju organisasi yang mapan dan mandiri secara finansial agar dapat merealisasikan seluruh program kerja dengan sempurna.

Qismu Syu’unil Idarah

Secara hierarki, qismu ini berada langsung dibawah garis koordinasi Amin ’Am yang dalam praktisnya membantu tugas-tugas Amin ’Am dalam hal mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan administrasi dan kebutuhan rumah tangga kemaba. Fokus kerja Qismu Syu’unil Idarah pada periode 2008-2009 ini lebih pada pembangunan database warga KEMABA dan penyempurnaan pengarsipan kesekretariatan KEMABA sebagai bahan rujukan bagi kepengurusan selanjutnya.

Qismu Jam’iyyah

Qismu ini bergerak sebagai dinamisator dalam tubuh KEMABA, dimana dalam qismu ini dikaji hal-hal yang menyangkut keorganisasian, baik itu berupa kajian rutin keorganisasian ataupun hal-hal yang sifatnya lebih pada upaya pengembangan organisasi. Harapan terbesar dari qismu ini adalah lahirnya pedoman kaderisasi yang baku sebagai upaya dan bentuk penyempurnaan dari pedoman kaderisasi yang telah dibuat pada periode sebelumnya, serta terbentuknya pola kaderisasi yang jelas dan terencana sebagai wahana mewujudkan visi kemaba : ”mencetak kader-kader yang aktivis, agamis, prestatif, kritis, kreatif, inovatif, dinamis dan profesional”.

Qismu Lughah

Qismu ini ada karena fungsinya yang begitu erat dan tidak bisa dilepaskan dari tuntutan akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UPI. Sebagai fokus kerjanya, qismu ini diarahkan pada maksimalisasi potensi Mahasiswa Bahasa Arab UPI dalam berbahasa, khususnya bahasa arab. Maka hadirnya qismu ini harus bisa menjawab dan memenuhi kebutuhan warga KEMABA dalam mewujudkan cita-cita tersebut diatas.

Qismu Dirasah Islamiyah

Bahasa Arab adalah bahasa yang paling dekat dengan Islam, oleh karena itu Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI pun sejatinya adalah Jurusan yang paling dekat dengan Islam dibanding dengan jurusan-jurusan yang lain. Berangkat dari pemikiran diatas, maka pengkajian terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan keislaman harus mulai ditumbuhkan dan disemarakkan kembali pada periode kepengurusan ini. Wacana-wacana yang berkembang di masyarakat hari ini, baik itu yang berkaitan seputar akidah, aliran kepercayaan, ibadah, muamalah dan lain sebagainya harus kita kaji dan kita telaah sehingga menghasilkan sebuah konklusi yang sejatinya itu bisa memberikan sebuah pencerahan dan jalan keluar atas persoalan umat Islam hari ini.

Qismu Syu’unil Banaat

Islam datang dengan mengangkat harkat dan martabat perempuan. Perempuan diberikan kesempatan untuk dapat menuntut ilmu layaknya seorang laki-laki, mereka diberikan porsi waktu khusus untuk dapat lebih meningkatkan kalitas keilmuan mereka, disamping mereka diberikan pelajaran keterampilan khusus yang hanya bisa dipelajari oleh perempuan saja. Maka dari itu fokus kerja qismu ini adalah memberdayakan atau memberikan keterampilan-keterampilan khusus bagi para perempuan baik itu berupa ilmu keputrian, keterampilan khas perempuan dan ataupun keterampilan-keterampilan lainnya yang dapat menjadikan mereka semakin mandiri dan kreatif dan inovatif.

Qismu Istisyarah

Persoalan yang dikaji di KEMABA itu tidak hanya terbatas pada persoalan-persoalan yang berhubungan dengan keagamaan dan kebahasaan saja, melainkan wacana-wacana lokal, nasional atau bahkan yang berskala internasional perlu kita kaji secara mendalam. Maka fokus kerja qismu ini diarahkan pada bagaimana menumbuh kembangkan sikap, sifat dan daya kritis pada diri mahasiswa serta menjadi penjembatan antara warga KEMABA baik itu antar warga KEMABA, pengurus, Himpunan lain, dan pihak Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI.

Qismu Muwashalah al-Ijtima’iyah

Secara bahasa, Muwashalah al-Ijtima’iyah mempunyai pengertian hubungan kemasyarakatan, namun dalam struktur KEMABA, qismu Muwashalah al-Ijtimaiyah ini diterjemahkan sebagai qismu yang menangani tentang Informasi dan Komunikasi (Infokom). Fokus target dari qismu ini adalah bagaimana nantinya program-program yang dirancang dan diselenggarakan oleh KEMABA dapat bermanfaat dan menyentuh masyarakat secara langsung, baik itu bagi civitas akademika UPI, warga sekitar kampus, ataupun masyarakat yang menjadi objek pelatihan pengabdian. Disamping itu, qismu ini juga diharapkan dapat memberikan informasi terkait dengan kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan oleh KEMABA melalui berbagai macam media, seperti : bulletin, pamflet dan lain sebagainya serta menjadi penghubung kegiatan silaturahim, baik itu antar himpunan, UKM, ataupun himpunan lintas universitas.

Qismu Muyul wal Wauhibah

Qismu ini merupakan gabungan dari Qismu Funuun dan Qismu Riyadhah yang disatukan menjadi qismu Muyul wal Mauhibah. Latar belakang disatukannya qismu ini adalah efisiensi jumlah qismu yang ada serta efisiensi program dan ranah kerja, karena memang funuun dan riyadhah berada pada satu rumpun kegiatan, yakni minat dan bakat. Fokus garapan qismu ini adalah menjaring dan mewadahi potensi-potensi yang dimiliki oleh warga KEMABA, baik itu potensi seni, olahraga, dan yang lainnya supaya dapat berkembang.


C. Penutup

Demikianlah penjabaran Job Description ini, dengan harapan semua qismu berjalan dan fokus pada agenda qismunya masing-masing sebagai upaya merealisasikan program yang telah terencanakan dengan sistematis dan berjenjang serta tidak adanya overlapping dalam hal fokus kegiatan yang telah diagendakan oleh masing-masing qismu.

Allahu ya’khudzu biaydiinaa ilaa maa fiihi khaerun lil islaami wal muslimiin.




Rais ’Am KEMABA
Periode 2008-2009



Muhamad Ridwan Fauzi

NIM : 0607502

1 komentar:

Sang Kangkung mengatakan...

bingung ma istilahnya gan

Posting Komentar

Design by Sicecepz Visit Original Post Islamic2 Template