Selasa, 21 April 2009

Kebijakan Umum Rais 'Am BEM KEMABA Periode 2008-2009

KEBIJAKAN UMUM & PROGRAM KERJA
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
KELUARGA MAHASISWA BAHASA ARAB
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
PERIODE 2008-2009




Dibahas dalam :
RAPAT KERJA
BEM KEMABA FPBS UPI
Cipaku, 28 Februari 2009






BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
KELUARGA MAHASISWA BAHASA ARAB
PERIODE 2008-2009

KEBIJAKAN UMUM RAIS ’AM KEMABA
(KELUARGA MAHASISWA BAHASA ARAB)
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
PERIODE 2008-2009



A. Muqadimah

Kaderisasi dalam bingkai organisasi merupakan keberlangsungan perjuangan sekaligus kebutuhan primer yang tak terelakkan. Oleh sebab itu, eksistensi organisasi yang bergerak dalam penciptaan momentum kader merupakan penopang utama bagi keberlangsungan dan kelestarian perjuangan organisasi. Dalam hal ini, Keluarga Mahasiswa Bahasa Arab (selanjutnya disebut KEMABA), menghendaki arahan dan haluan aktivitasnya pada upaya-upaya termaksud.
KEMABA yang merupakan satu-satunya ormawa tertinggi di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI yang sah, berdaulat dan merupakan kelengkapan non struktural UPI ini memiliki arahan kiprahnya pada cita-cita diatas. Bahwa KEMABA menjadi laboratorium untuk mencetak kader-kader yang aktivis, agamis, prestatif, kritis, kreatif, inovatif, dinamis dan profesional.

Harus diakui bahwa KEMABA hari ini masih belum menunjukkan identitas jati diri yang sebenarnya, belum mampu menjadi organisasi mahasiswa percontohan dan teladan bagi ormawa-ormawa lainnya yang berada di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia. Namun itu bukan menjadi tolak ukur satu-satunya keberhasilan dan kesuksesan KEMABA, masih banyak aspek-aspek lain yang justru menarik banyak perhatian ormawa dan UKM-UKM keislaman yang ada di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sejatinya KEMABA hadir membawa angin perubahan di kampus Bumi Siliwangi ini dengan memberikan corak warna yang khas dalam pergerakannya, membawa semangat kekeluargaan dan misi religiusitas dalam menjabarkan pergerakannya. Diharapkan KEMABA tidak kenyang dan tidak lekas puas dengan kondisinya saat ini, perjuangan ini baru akan dimulai pada hari ini hingga batas waktu yang telah ditentukan pada masa awal pembentukan kepengurusan dalam periode ini.

Agenda restrukturisasi dalam tubuh KEMABA merupakan agenda terbesar pada periode ini. Dimana restrukturisasi mengandung sebuah pengertian adanya sebuah penataan ulang struktur dalam tubuh KEMABA baik itu secara hakiki yang dalam hal ini mengandung pengertian peleburan beberapa qismu menjadi satu dengan maksud sebagai upaya efisiensi jumlah qismu dalam struktur KEMABA ataupun secara maknawi dalam pengertian reformasi fungsi struktur yang sudah ada dengan menitik beratkan pada pembagian ranah kerja yang profesional dan proporsional dari tiap qismu yang ada. baik itu yang kaitannya dengan status ataupun fungsi dari masing-masing qismu yang ada.

Proses restrukturisasi ini diilhami oleh prinsip-prinsip organisasi sebagai berikut : Division of Work (Pembagian Tugas), Discipline (Disipline), Unity of Command (Kesatuan Perintah/Instruksi), Unity of Direction (Kesatuan Arah), Line of Authority/Hierarchy (Hierarki) dan Esprit de Corp (Kesatuan Jiwa). Agenda restrukturisasi ini akan terlaksana ketika seluruh unsur yang membentuk KEMABA bersungguh-sungguh, serius, tekun dan tanpa lelah dalam mengejawantahkan dan menerjemahkan AD-ART dalam tataran praktis.


B. Visi, Misi dan Fokus Perjuangan

Visi KEMABA harus dikedepankan sebagai platform gerakan dalam mengayunkan langkah kaki dan berkreasi dalam lapangan perjuangan. Visi dirumuskan sebagai mainstream dan kiprah KEMABA dalam mengagendakan perjuangan kedepan. Sedangkan Misi sebagai usaha-usaha KEMABA untuk mencapai tujuan dari perjuangan tersebut. Dengan memperhatikan kondisi strategis, peluang sekaligus tantangan, maka KEMABA mencanangkan visi sebagaimana yang termaktub dalam Anggaran Dasar KEMABA sebagai berikut :

- Terjalinnya silaturahim antar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI.
- Meningkatnya kemampuan Mahasiswa dalam berbahasa arab.
- Terciptanya Mahasiswa aktivis agamis, prestatif, kritis, kreatif, inovatif, dinamis dan profesional.
- Terciptanya suasana kampus yang ilmiah, edukatif dan religius.
- Terjalinnya komunikasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab baik interen maupun eksteren.

Adapun Misi yang diusung KEMABA adalah sebagai berikut :
- Menjalin kerjasama di kalangan pengurus dan anggota KEMABA.
- Menjalin kerjasama dengan instansi/lembaga atau himpunan lain diluar Universitas Pendidikan Indonesia.
- Mengkaji dan mengembangkan khazanah keilmuan bahasa Arab dan keislaman serta keilmuan lainnya.
- Menghimpun dan menjalin komunikasi antar individu Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI.
- Mengkaji dan membuat kebijakan-kebijakan dalam menciptakan strategi untuk mengembangkan organisasi KEMABA.
- Menampung segala potensi yang dimiliki KEMABA.
- Berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kampus.


C. Arah Kebijakan

Dengan pemikiran diatas, maka kebijakan BEM KEMABA FPBS UPI periode 2008-2009 diarahkan pada:

1. Kebijakan Internal

Arah kebijakan internal dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang diharapkan menjadi acuan pokok bagi kiprah KEMABA selama masa kepemimpinan sekarang. Arah kebijakan ini diformulasikan dengan pertimbangan bahwa kepemimpinan KEMABA hari ini adalah masa pembenahan struktural dan pembangunan jati diri. Oleh sebab itu dirumuskan arah kebijakan internal sebagai berikut :
a. Mengutamakan konsentrasi program pada pengkajian keislaman dan
kebahasaan dari berbagai disiplin ilmu serta mengkaji issue-issue aktual.
b. Penyempurnaan pedoman, konsep dan kurikulum kaderisasi KEMABA.
c. Mengusahakan untuk mendapatkan sekretatriat yang representatif.
d. Melengkapi kebutuhan kesekretariatan yang sangat vital.

2. Kebijakan Eksternal

Kebijakan eksternal diarahkan pada pencitraan dan pengidentitasan KEMABA di lingkungan kampus Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia. Oleh sebab itu dalam arah kebijakan eksternal KEMABA terpetakan pada beberapa hal:
a. Sosialisasi eksistensi dan kebijakan KEMABA kepada ormawa yang ada di
lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia.
b. Mengembangkan pola pergerakan KEMABA dengan ormawa dan UKM keislaman
yang berada di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai manifestasi
dari ukhuwah Islamiyah dalam bingkai gerakan dakwah.



D. Job Description (terlampir)

E. Program Kerja (terlampir)

F. Khatimah

Demikianlah kebijakan umum ini dirumuskan untuk dijadikan acuan bagi seluruh qismu dalam merancang, merumuskan dan merealisasikan program kerjanya. Semoga rahmat dan ridha Allah SWT senantiasa mengalir dalam denyut gerakan dan aktivitas KEMABA, dan semoga pula apa yang kita cita-citakan dan kita agendakan, mendapat bimbingan dan lindungan-Nya sehingga sukses dan bermanfaat bagi warga KEMABA khususnya dan seluruh elemen yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia pada umumnya.


Ditetapkan di : Cipaku
Pada tanggal : 27 Februari 2009
Disampaikan pada : Raker (Rapat Kerja) BEM KEMABA FPBS UPI
Periode 2008-2009


Rais ’Am BEM KEMABA
Periode 2008-2009



Muhamad Ridwan Fauzi
NIM : 0607502

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Sicecepz Visit Original Post Islamic2 Template