Rabu, 29 April 2009

Program Kerja Amin 'Am BEM KEMABA

PROGRAM KERJA AMIN ’AM BEM KEMABA
(KELUARGA MAHASISWA BAHASA ARAB)
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
PERIODE 2008-2009


A. Kondisi Objektif

Perubahan status dan fungsi Katib ’Am (Sekretaris Umum) menjadi Amin ‘Am (Sekretaris Jendral) semenjak perubahannya pada dua periode kepengurusan yang lalu memang masih membutuhkan penjelasan yang lebih mengena, sebab perubahan status dan fungsi tersebut menyebabkan perubahan pada peran dan tanggung jawab yang lebih dari hanya sekedar mengurusi permasalahan administrasi organisasi saja, lebih dari itu Amin ‘Am bertugas melakukan pendampingan kepada semua qismu dengan melakukan perencanaan, pemetaan, penggerakkan dan pengawasan melalui koordinasi, komunikasi dan konsolidasi yang dalam tataran praktisnya dibantu langsung oleh qismu syu’unil idarah dalam hal permasalahan yang menyangkut kesekretariatan dan rumah tangga KEMABA. Maka pada kepengurusan periode 2008-2009 ini disusun dan diperjelaslah fungsi dan ranah kerja Amin ’Am yang dirumuskan pada fokus garapan berikut ini.


B. Fokus Garapan

Berdasarkan kerangka permasalahan diatas, pada periode 2008-2009 ini, Amin ‘Am mengarahkan fungsinya pada hal-hal berikut :
- Mendampingi Rais ’Am melaksanakan tugas-tugas organisasi baik ke dalam maupun keluar, dan mewakilinya jika Rais ’Am berhalangan.
- Melakukan pendampingan kepada semua qismu dengan melakukan perencanaan, pemetaan, penggerakkan dan pengawasan melalui koordinasi, komunikasi dan konsolidasi.
- Menyampaikan pemikiran atau gagasan strategis dan menuangkannya secara sistematis untuk disampaikan kepada Rais ’Am dan atau para rais qismu.
- Memperbaiki pedoman administrasi organisasi yang efektif dan efisien untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan kerja-kerja kesekretariatan.
- Bertanggung jawab pada kerja-kerja kesekretariatan dan rumah tangga.
- Melakukan pengayaan, pengembangan dan pemeliharaan fasilitas dan memanfaatkannya untuk kepentingan organisasi.
- Memediasi pertemuan-pertemuan organisasi dan mendokumentasikan hasil-hasil keputusan organisasi serta melakukan sosialisasi ke pihak-pihak terkait.
- Secara ex officio menjadi streering committee (SC) dalam setiap program kerja organisasi.
- Mengorganisasikan segala sesuatunya dengan syu’unil idarah yang hubungannya dengan masalah kesekretariatan hingga teknik-teknik dan metode penyuratan.


C. Khatimah

Demikianlah program ini dibuat, semoga Allah SWT menaungi dan melindungi setiap gerak langkah kita, Amien.

Amin ’Am BEM KEMABA
Periode 2008-2009

Wawan Sukwana
NIM : 0807371

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Sicecepz Visit Original Post Islamic2 Template